Pasca Banjir, Layanan Distribusi Air PERUMDA TM Alami Gangguan

Tingginya intensitas hujan mengakibatkan terjadinya musibah banjir sejak Rabu, 5 Oktober sampai Sabtu, 8 oktober 2022 di Kota Palopo, sehingga turut ikut berdampak pada pelayanan PERUMDA Tirta Mangkaluku Kota Palopo dalam menyalurkan air bersih ke masyarakat Kota Palopo.

Beberapa sungai yang menjadi tempat pengambilan air baku  mengalami bencana banjir yakni Sungai Latuppa, Sungai Bambalu, Sungai Magandang dan Sungai Batupapan, sehingga menyebabkan gangguan diseluruh instalasi pengolahan PERUMDA TM karena buruknya kualitas air baku yang bercampur dengan lumpur sangat tinggi.

Pasca kejadian banjir, hampir seluruh wilayah Kota Palopo ikut mengalami dampaknya.

“Dikarenakan banjir, distribusi air mengalami hambatan hampir diseluruh wilayah Kota Palopo, semoga instalasi pengolahan bertahap dapat normal kembali, untuk wilayah yang terdampak kami berupaya dengan melakukan penyuntikan” tutur Tawakkal, Direktur Utama PERUMDA TM.

Tak hanya berdampak pada kualitas air baku bencana banjir juga mengakibatkan rusaknya Intake Bambalu, dimana pintu air Intake yang terhambat oleh kayu, sedimen pasir dan kerikil.

“Untuk intake bambalu saat ini kami masih proses perbaikan dan pembersihan sedimen yang menyumbat pintu, kami berusaha semaksimal mungkin agar distribusi air kembali normal” lanjut Tawakkal.

PERUMDA TM Kota Palopo memohon maaf atas gangguan layanan yang terjadi, semoga pekerjaan berjalan lancar dan cepat selesai. Untuk layanan pengaduan pelanggan dapat menghubungi Call Center PERUMDA TM di nomor 085145320000.